• Timbang-timbang sebelum beli atau sewa sebuah Genset

    Article

    Disaat kebutuhan datang untuk kebutuhan penting genset, kita sering browsing ke Google untuk mencari Genset terbaik, termurah, bandel, dan tanpa resiko, dan pasti lokasi tak berjauhan dengan domisili penyewa untuk memudahkan pengiriman, misalnya di Jakarta Selatan, Depok, Cinere, Cimanggis, Kahfi, dsb. 

    Tapi perlu diketahui jaminan layanan serta kualitas mesin akan dirasakan setelah pengalaman proses berlangsung, tak cukup informasi dari internet saja, pemikiran rasional kita perlu dibekali logika-logika untuk memberi keputusan bijak, misalnya membandingkan dengan yang lain, baca review atau complain mengenai genset tersebut, periksa juga garansi yang diberikan dan ketersediaan distribotur atau service senter genset tersebut.

    Selain itu semua keamanan adalah faktor penting dalam mengoperasikan genset, jangan sekali kali memasang genset di dalam rumah, karena hasil pembakaran genset berupa gas CO atau karbon monoksida beracun dan bisa membahayakan nyawa manusia. Letakkan genset di luar rumah dan jauhkan dari jangkauan anak-anak. Lindingilah genset anda dari terkena sinar matahari langsung dan hujan.

    Berikut bertimbangan bijak untuk memaksimalkan kemanfaatan genset yang anda sewa atau beli.
    1. Hitung kebutuhan daya listrik saat darurat di rumah anda
      Jangan mengambil patokan dari daya listrik yang saati ini terpasang di rumah anda. Saat darurat gunakan listrik hanya untuk hal-hal yang penting seperti lampu utama, kulkas, atau pompa air. Sebagian orang mungkin akan memasukkan komputer, televisi, peralatan ikan hias, atau AC sebagai hal yang dimasukkan dalam kalkulasi mereka.
    2. Pilih genset dengan daya sedikit lebih tinggi dari kebutuhan daya listrik saat darurat.
      Di pasaran tersedia genset dengan daya bervariasi 500 watt, 1000 watt, 1200 watt, dll. Pilih yang paling tepat sesuai dengan kalkulasi kebutuhan daya listrik anda saat darurat.
    3. Kenali cara penyalaan genset 
      Ada 2 cara penyalaan genset yang umum dijumpai yaitu starter seperti menyalakan motor atau recoil yang perlu ditarik/diengkol menggunakan tuas. Biasanya genset dengan starter hanya tersedia untuk daya di atas 4000 watt.
    4. Cermati bahan bakar yang diperlukan untuk pengoperasian genset.
      Bensin dan solar adalah bahan bakar utama untuk menjalankan genset. Umumnya solar digunakan pada genset dengan kapasitas daya listrik yang besar.
    5. Harga atau kualitas genset,
      Sediakan waktu yang cukup untuk mencari informasi mengenai merek, kualitas, dan harga genset yang ada di pasaran. Saat ini internet dapat sangat membantu kita mendapatkan informasi mengenai banyak hal. Tak jarang kita bisa membeli barang secara online tanpa perlu susah payah meluangkan waktu ke toko peralatan rumah tangga. Bandingkan beberapa produk sebelum anda memutuskan memilih yang paling tepat untuk rumah anda. Memilih genset hanya karena murah tanpa mempertimbangkan kualitas sudah tentu bukan hal yang bijaksana.

    Sebagian orang mungkin belum memandang perlu membeli genset dengan berbagai alasan. Misalnya tak punya ruang terbuka untuk meletakkan genset, masih bisa bertoleransi saat listrik mati, ataupun merasa kesulitan untuk mengoperasikan dan merawat genset. Bagi anda yang berencana membeli genset, anda perlu juga memperhatikan tips merawat dan menyalakan genset agar alat ini dapat selalu berfungsi saat anda butuhkan. Pastikan anda mengikuti tips memilih genset di atas agar tak salah pilih.

    Dan jika masih bingung, juga butuh konsultasi, kami terbuka membantu Anda, cukup call  7888 5542, kami berusaha semaksimal mungkin membantu Anda. Terima kasih :).