• Menghitung Praktis Fuel Consumtion / Bahan Bakar Genset

    Article

    Cara menghitung Konsumsi bahan bakar Generating set tanpa melihat flow meter.

    Mesin diesel putaran tinggi (>1000 RPM) akan mengkonsumsi lebih banyak bahan bakar dari pada mesin putaran menengah maupun putaran rendah.Pada grafik terlihat besarnya porsi biaya bahan bakar pada total biaya operational mesin diesel. Besarnya konsumsi bahan bakar sangat dipengaruhi kualitas bahan bakar, kondisi operasi dan perawatan.

    Solar memiliki kinerja dan kekuatan atau tenaga yang timbul sangatlah baik dan bagus dibandingkan dengan mesin berbahan bakar bensin. Genset mulai dari genset kecil sampai genset besar pada umumnya adalah mesin diesel dengan bahan bakar solar, karena memiliki kinerja dan kekuatan atau tenaga yang timbul sangatlah baik dan bagus dibandingkan dengan mesin berbahan bakar bensin.

    Lalu bagaimana caranya menghitung konsumsi bbm genset? Berikut adalah cara cepat mengetahui berapa konsumsi solar untuk mesin Generator Set atau Genset yang anda miliki tanpa perlu melihat flow meter per jamnya sebagai berikut :

    k = 0.21 (faktor ketetapan konsumsi solar per kilowatt per jam)

    P = Daya Genset (KVA=KiloVoltAmpere)

    t = waktu ( jam)

    Rumus : 0.21 x P x t

    Misalkan : Kapasitas Genset anda adalah 100KVA, dilakukan pemanasan selama 1 jam, Berapa solar yang dibutuhkan per jam nya?

    Jawabannya adalah : 0.21 x 100 x 1 = 21

    Adalah 21 liter perjam solar yang dikonsumsi Genset anda.



    SEMOGA BERMANFAAT