• TIPS MEMBELI GENSET SECOUND

    News

    Ketikabudget dana yang Anda miliki tidak cukup untuk membeli sebuah genset baru,umumnya membeli genset bekas yang masih layak pakai bisa menjadi alternatifjalan keluar yang mampu mengatasi masalah Anda saat listrik PLN mendadak paham.Hingga kini genset tidak hanya dibeli oleh kalangan rumah tangga namun jugakalangan bisnis, hal tersebut karena genset memiliki fungsi yang tidak kalahpenting untuk kehidupan sehari-hari seperti:

     

    1.  

    Menjaga keberlangsungan proses produksi


    Fungsi utama genset memang hanya terbatas sebagai daya cadangan yang dapat dimanfaatkan untuk mengalirkan listrik ketika listrik PLN padam, namun fungsi lain yang lebih penting daripada itu adalah menjaga keberlangsungan proses produksi agar tetap berjalan lancar ketika listrik dari genset mengalir. Contohnya pada sebuah pabrik yang memproduksi makanan cepat saji, agar target produksi yang diinginkan tercapai tentu perusahaan tersebut harus memiliki genset agar ketika listrik PLN padam mendadak, alat listrik yang digunakan untuk produksi bisa berfungsi kembali.

    2. 

    Menjaga alat-alat listrik dari kerusakan ketika listrik PLN mendadak padam


    Ketika aliran listrik dari PLN terus menerus padam, masalah lain yang akan timbul adalah kerusakan alat listrik baik untuk produksi ataupun listrik rumah tangga. Hal tersebut umumnya disebabkan oleh naik turunnya tegangan yang terjadi saat listrik padam maupun menyala kembali, itu sebabnya genset diperlukan untuk menstabilkan tegangan agar pada saat listrik mati, tidak terjadi konsleting pada alat listrik yang sedang digunakan.

    3.

    Menjaga agar kegiatan ekonomi tetap stabil


    Fungsi genset juga akan berkaitan dengan stabilisasi ekonomi. Mengapa demikian? Hal tersebut tak lepas dari pemanfaatannya khususnya di bidang pelayanan masyarakat. Contohnya ketika ada sebuah daerah di Indonesia yang sering mengalami pemadaman listrik memiliki sebuah bank tanpa genset, tentu ketika listrik padam, hal tersebut akan sangat mengganggu mengingat seluruh sistem pada sebuah bank umumnya menggunakan listrik. Hal tersebut baru akan memberi hasil yang berbeda, ketika ada genset khusus yang ditempatkan pada bank dan langsung beroperasi ketika listrik padam.


    Terkait dengan fungsi diatas itulah, ketika Anda ingin membeli sebuah produkbekas, cobalah untuk  mempertimbangkan beberapa hal seperti:

    1.  

    Brand dan informasi pabrik pembuat produk


    Sebelum membeli genset bekas, cobalah kumpulkan informasi yang jelas tentang nama brand dan pabrik produk yang berkualitas. Anda bisa bertanya pada orang yang lebih berpengalaman untuk membuat list tentang produk dan kemudian membuat list harga bekas untuk setiap produk yang sekiranya sesuai dengan budget Anda, sehingga nantinya Anda tidak perlu khawatir biaya yang digunakan untuk pembelian produk membengkak. Pilih brand yang terkenal, karena meski Anda hanya membeli produk bekas, umumnya kualitas barang masih sangat terjamin.  

    2. 

    Garansi


    Ketika Anda membeli barang bekas, akan lebih baik jika genset yang dibeli masih memiliki garansi meski tidak dalam jangka waktu yang cukup lama. Adanya waktu garansi yang masih tersisa umumnya akan membantu Anda untuk melakukan perbaikan di komponen alat yang memerlukan perbaikan.

    3.

    Lama waktu penggunaan


    Ketika budget yang Anda miliki hanya cukup untuk membeli sebuah produk genset bekas, cobalah teliti terlebih dahulu lama waktu pemakaian yang sudah dilakukan oleh pemilik sebelumnya untuk memberi gambaran apakah nantinya Anda perlu melakukan perbaikan beberapa komponen atau tidak. Lama waktu penggunaan juga bisa memberi gambaran pada Anda saat memperhatikan alat, apakah selama digunakan oleh pemilik sebelumnya, mesin terawat dengan baik atau tidak.

    4.

    Metode instalasi


    Adakalanya genset yang sudah pernah dipakai sebelumnya akan dijual dalam bentuk komponen yang memerlukan perakitan ulang, oleh karena itu pada saat Anda membelinya perhatikan instalasi kabel atau komponen yang terpasang apakah masih terpasang lengkap atau tidak. Jika tidak, Anda perlu memeriksa apakah ada resiko kebocoran pada alat atau tidak untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

    5.

    Lokasi pembelian


    Meski hanya berupa barang bekas, Anda tetap harus memperhatikan lokasi pembelian. Cari informasi dari media online ataupun offline tentang toko penjual genset bekas yang berkualitas, sehingga nantinya Anda akan mendapatkan produk genset yang benar-benar tahan lama dan aman digunakan dalam jangka waktu lama.