• 9 Tips Merawat Genset

    Article

    Genset menjadi salah satu solusi mati lampu yang dapat diandalkan, apalagi bila mati lampu dalam jangka waktu yang lama ditambah jika kebutuhan akan listrik sangat mendesak dan diperlukan maka solusimya adalah genset/generator.

    Harga genset/generator walaupun sudah banyak digunakan oleh banyak kalangan namun masih saja memiliki harga yang masih lumayan mahal. Dilihat dari harganya yang mahal tentu saja sangat disayangkan bila genset yang Anda beli dalam jangka waktu yang relatif singkat sudah menjadi rusak, walaupun terlihat tahan banting, namun tetap saja Anda perlu melakukan perawatan genset agar mesin ini tetap berfungsi dengan baik.

    1. Sebelum genset dinyalakan periksa terlebih dahulu : air radiator, oli mesin, solar, air accu tambahkan jika perlu, dan anti jika sudah cukup lama digunakan atau dapat dilihat dari kekentalan oli mesin
    2. Saat akan menggunakan genset, hidupkan mesin dengan tanpa beban terlebih dahulu +/- 5(lima) menit.
    3. Saat menggunakan genset, lakukan dengan pemberian beban yang bertahap. Jangan memberi beban tinggi dalam suatu masa yang sama. Misalkan dengan menghidupkan AC secara bertahap, jangan berbarengan.
    4. Ketika mematikan genset, matikanlah beban terlebih dahulu, dan tunggu +/- 2 menit untuk pendinginan mesin, setelah itu baru matikan mesin genset.
    5. Ada beberapa hal yang harus Anda ganti setiap beberapa bulannya, misalnya mengganti filter solar setiap 500 jam beroperasi atau 6 (enam) bulan (Stand by), filter oli setiap 500 jam beroperasi atau 6 (enam) bulan (Stand by), mengganti oli mesin setiap 500 jam beroperasi atau 6 (enam) bulan (Stand by), membersihkan filter udara setiap 500 jam beroperasi atau 6 (enam) bulan (Stand by) dan sebagainya.
    6. Walaupun genset tidak rusak, tapi akan lebih baik jika Anda selalu melakukan service genset 2 kali dalam setahun.
    7. Selalu bersihkan generator setelah digunakan.Saat membersihkan ini, Anda akan menghapus lemak, lumpur, bahan organik, bahan bakar, dll . Gunakan kain bersih untuk membersihkannya setiap kali, dan udara terkompresi blower dapat membantu untuk membersihkan kipas ventilasi.
    8. Jika ada tanda-tanda korosi pada genset, obati dengan produk inhibitor.
    9. Simpan genset ditempat yang sesuai, misalnya jauhkan genset dari kelembaban atau air. Simpan di ruang yang kering dan tertutup terhadap debu-debu maupun kotoran lainnya.

    Pemeliharaan dan penggunaan yang baik dan tepat akan membuat generator/genset Anda tahan lama.